Selasa, 05 Juni 2012

KENALI TEMPRAMEN ANDA

HIPOCRATES (460-370 SM) sering disebut sebagi bapak dari ilmu pengobatan.
Hipocrates membedakan adanya 4 tempramen, sebagi berikut:
1.      Orang sanguin
Selalu periang dan penuh pengharapan, menganggap segala sesuatu yang dihadapi sebagai amat penting, tapi segera dapat melupakannnya. Ia ingin menepati janji-janjinya tapi gagal melaksanakannya sebab ia tidak cukup berminat untuk menolong orang lain. Ia adalah seorang penghutang yang jelek yang terus menerus minta waktu untuk membayar. Ia amat luwes, pandai bergaul, dan periang.
2.      Orang melankolik
Menganggap segala sesuatu amat penting. Disegala tempat, mereka menemukan alasan untuk merasa khawarir dan yang pertama-tama mereka perhatikan dari suatu keadaan adalah kesulitan-kesulitannya.
Ini dilakukannya tidak atas dasar pertimbangan keakhlakan melainkan karena pergaulan dengan orang lain membuat ia khawatir, berprasangka, dan sibuk berpikir sehingga rasa bahagia menjauhinya.
3.      Orang kolerik
Berkepala panas, mudah sekali bangkit gairahnya, tapi mudah pula tenang jika lawan yang dihadapinya mengaku kalah/ ia orang yang sibuk tetapi tidak menyukai berada ditengah kesibukan usaha, sbab ia tidak tabah. 
Imemilih untuk memberikan perintah tetapi tidak mau diganggu dengan pelaksanaan perintahnya itu. Ia menyukai bila dipuji di depan umum. Ia menyukai penampilan, kemegahan, dan formalitas. Ia penuh dengan kebanggan dan cinta diri sendiri. Ia kikir, sopan tetapi dengan upacara,ia sakit hati luar biasa jika orang lain menolak mengikuti kepura-puraannya.
4.      Orang fletmatik
Tidak adanya gairah bukan kelemahan, mengatakan secara tidak langsung kecondongan untuk tidak mudah dan tidak cepat kena pengaruh. Orang seperti ini lambat jadi hangat,tapi jika sudah hangat dapat ertahan lama. Ia bertindak atas dasar keyakinan bukan dorongan  naluri. Yempramennya ynag cerah dapat menggantikan ketidakhadirannya kecerdikan dan kebijaksanaan dalam dirinya.ia bertindak layak dalam bergaul dengan orang lain.

Tidak ada komentar:

Search box

RSS feed

About Author

GOD BLESS YOU

Footer